Skip to main content

Pengenalan dan Bagian-Bagian Komputer

A.    Pengenalan Komputer
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah alat elektrnik bernama computer yang telah dikenal luas oleh masyarakat dari berbagai lapisan di dunia. Computer merupakan sebuah alat elektronik yang bekerja berdasarkan input-input program-programnya masing-masing serta dapat menyimpan perintah-perintah dari proses programnya. Computer juga memiliki beberapa keunggulan diantaranya kecepatannya, tingkat ketelitiannya, dan daya ingatnya.

1.      Computer generasi pertama (1946-1959). Contoh computer generasi pertama adalah Harvard Mark, SEC (Simple Electonic Computer), UMVAC I, EDVAC, IBM 701, IBM 705, dll. Ciri- ciri computer generasi pertama adalah:
*      Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (vacum tube)
*      Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin
*      Menggunakan simpanan luar (magnetic tope & magnetic disk)
*      Ukuran fisik computer besar
*      Cepat panas, proses lambat, dan daya simpan kecil.
2.      Computer generasi kedua (1959-1965). Contohnya antara lain UNIVAS, IBM 7070, NCR 300, DEC PDP8, dll. Ciri- ciri computer generasi kedua adalah:
*      Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya.
*      Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi seperti fortran, cobol, algol, dll.
*      Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core vtorage
*      Ukuran fisik computer lebih kecil.
*      Menggunakan lebih sedikit daya listrik.
3.      Computer generasi ketiga(1965-sekarang). Ciri- cirinya:
*      Sudah menggunakan IC
*      Lebih cepat dan lebih tepat.
*      Menggunakan simpanan luar yang sifatnya random access
*      Memunkinkan untuk melakukan multi processing dan multi programing.
*      Pengembangan alat input dan output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar dan grafik, menerima dan mengeluarkan suara, penggunaan alf pembaca tinta magnetic yaitu MICR.
B.     Bagian-bagian computer
Computer memiliki tiga bagian utama yakni hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (factor manusia).
1.      Hardware (Perangkat keras)
Hardware merupakan perankat keras computer yang terdiri dari banyak komponen yang saling berkaitan serta memiliki fungsi yang berbeda serta sifatnya dapat diraba, dilihat dan dirasakan oleh panca indera manusia. Hardware terdiri dari tiga bagian utama yaitu:
a.       Input device (perangkat masukan)
Perangkat ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori. Dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Contoh input device diantaranya keyboard (untuk menginputkan teks), mouse (kursor penggerak), scanner, floppy disk drive, cd room, dll.
b.      Process device (unit pemrosesan)
Dalam fungsi oprasionalnya, unit pemrosesan dapat dibagi menjadi dua yaitu:
a)      ALU (Arithmetical Logical Unit), berfungsi sebagai pusat pengolahan data. Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan arithmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
b)      CU (control unit), berfungsi sebagai pengatur pekerjaan computer. Tugas dari CU adalah mengatur dan mengendalikan alat output dan input, mengambil instruksi-instrusi dari memori utama, mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk segera diproses, mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika maupun logika dan mengawasi kerja ALU, dan menyimpan hasil proses ke memori utama.
c.       Output device (unit keluaran)
Unit keluaran berfungsi menampilkan hasil keluaran (output) sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy, soft-copy dan suara. Contoh unit keluaran adalah speacker, printer, monitor, dll.

2.      Software (perangkat lunak)
Software dibuat oleh perusahaan. Terdiri dari tiga bagian utama yakni :
a)      Software system operasi (Operating system )
OS merupakan sistem yang mengatur penggunaan memori saat computer berjalan, dan tanpa OS komputer tidak bias berjalan. Contoh OS adalah sebagai berikut: OS/360, UNIX, CP.M, MS.DOS, Windows, Macintos OS, dll.
b)      Software language programing
Perangkat lunak yang banyak digunakan software language programing diantaranya Portran, Basic, pascal, c++, ADA, dll
c)      Software application
Contoh software application adalah software pengolah kata. Software yang paling terkenal dulu adalah Word Start. Contoh pengolah kata diantaranya Electric Pencil, MS. Word, chi writer, Apple writer (yang digunakan pada laptop apple), visical, D Base I, D Base II, D Base III, Lotus, dll.

3.      Brainware
Brainware merupakan fakor manusia. Disini artinya computer tidak akan mungkin dapat berjalan jika tidak ada manusia yang berperan sebagai operator. Secanggih apapun computer hal itu dapat diukur tergantung dari brainwarenya.

Materi Kuliah Pengantar Ilmu Komputer


#nakiitanaka : “semoga bermanfaat ^o^”

Comments

Popular posts from this blog

Median Umur dalam Demografi

Median Umur             Untuk meringkas data statistik biasanya digunakan ukuran sentral rata-rata ataupun median. Distribusi umur penduduk umumnya jauh dari simetri ( skew ) dan sering pula berakhir dengan interval terbuka sehingga menyulitkan dalam perhitungan harga rata-rata. Secara umum, median adalah titik tengah data. Jika data diurutkan menurut besarnya maka sebelah bawah dan sebelah atas median tersebut masing-masing terdapat 50% data.             Data demografi umumnya dikelompokkan dalam selang umur 1 tahun, 5 tahun, atau 10 tahun, sehingga diperlukan rumus agar memudahkan perhitungan mediannya.

Fungsi Masa Peluang (FMP) dan Fungsi Kepadatan Peluang (FKP)

Definisi: Misalkan Rx adalah ruang di peubah acak X. Fungsi F yang bersifat: Dinamakan FMP dan FKP disebut peubah acak X. Digeneralisasikan: Contoh soal: 1.         Misalkan Rx = {0, 1, 2, 3, 4} adalah ruang dari peubah acak X dan f adalah fungsi dari Rx ke dalam R yang didefinisikan: a.         Apakah f(x) suatu FMP? b.        Hitung P(X>1) penyelesaian: 2.         Misalkan peubah acak X memiliki FKP sebagai berikut: a.          Tentukan nilai c b.          Hitung P(1< X<5) penyelesaian: #nakiitanaka : “Semoga bermanfaat ^o^”                       

Soal Psikotes

  Banyak orang-orang di Indonesia ingin menjadi seorang pegawai negeri sipil, karena katanya sih lebih menjamin masa depan meskipun gajinya sedikit tapi konstan dan saat masa tua ada uang pensiun sehingga nggak perlu khawatir kekurangan biaya finansial keluarga di masa mendatang. Ya nggak ada salahnya sih, karena orang memiliki persepsi masing-masing. Sama halnya seperti ibu saya. Setiap anaknya diwajibkan menjadi seorang pegawai negeri sampai-sampai setiap detik setiap menit nih saya selalu diingatkan untuk belajar karena sebentar lagi penerimaan calon pegawai negeri sipil akan dibuka... nggak heran ibu saya rela keluar uang banyak untuk membeli buku untuk kami belajar. Di rumah saya sudah ada sekita 10 buku penerimaan pegawai negeri sipil mulai sejak jaman buku tahun 2008 sampe sekarang wkwk. Tapi disini buat temen-temen yang nggak berkesempatan untuk membeli buku, saya bakal sharing soal-soal CPNS yang bersumber dari beberapa buku penerimaan CPNS yang ada di rumah saya. Sekarang say