Tujuan utama
pendidikan lingkungan:
1. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap
kesalingterkaitan antara faktor-faktor ekonomi, sosial, politik dan ekologi.
2. Memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk
mendapatkan pengetahuan, nilai, sikap, komitmen, dan keterampilan yang
dibutuhkan untuk melindungi dan memperbaiki lingkungan.
3. Melahirkan pola sikap individu, kelompok, dan
masyarakat yang lebih baik terhadap lingkungan.
Pendidikan
lingkungan (Environmental Education: (Judy Braus,1995):
1. Pendidikan lingkungan telah menjadi pelopor dalam
mendorong dilakukannya pendidikan interdisipliner, pemikiran kritis, pemecahan
masalah, dan itegral lainnya dalam gerakan reformasi pendidikan (environmental education has been a leader is
pushing for interdisiplinary education, critical thinking, problem solving, and
other integral components of educational reform movement).
2. Yaitu pendidikan yang berperan dalam membantu
masyarakat agar dapat hidup secara berkelanjutan dalam lingkungannya. (education that deals with helping people to
live sustainably with their environment).
3. Pendidikan lingkungan berbeda dari displin ilmu
lainnya - Dengan penekanan kepada perubahan tingkah laku, kemampuan seumur
hidup, dan tindakan nyata, bukan hanya kemampuan dan pengetahuan teoritis. (environmetal education is different from any
other existing disipline – with an emphasis on attitude, life skills, and
action, not just knowledge and process skills).
Penyebab-penyebab
utama dari permasalahan lingkungan, sumber daya dan sosial (multiple factor model):
1. Overpopulasi
2. Overkonsumsi
3. Distribusi penduduk
4. Keyakinan bahwa teknologi akan dapat menyelesaikan
semua masalah
5. Kemiskinan
6. Oversimplikasi sistem pendukung kehidupan bumi
7. Krisis politik dan managemen ekonomi
8. Pandangan dan perilaku antroposentris (human
–centered), bukan pandangan dan perilaku biosentris (earth-centered)
(materi kuliah
Pengantar Ilmu Lingkungan oleh bapak Drs. Effendi P. Sagala,M.Si)
#nakiitanaka. “semoga bermanfaat ^o^”
Comments
Post a Comment