A. Pengenalan
Mic. Excel
Microsoft Excel merupakan program
aplikasi yang dipergunakan untuk mengolah angka dan table, membuat bagan ataupun basis data
sederhana. Microsoft Excel
juga merupakan
program aplikasi spread sheet
(lembar kerja elektronik).
Aplikasi ini dapat digunakan untuk mempresentasikan,
mengatur dan menganalisis data.
Program Microsoft excel juga digunakan untuk berbagai tujuan, diantaranya perhitungan, pembuatan laporan dengan ilustrasi diagram, dan menganalisis data
dengan banyak
record.
B. Membuka dan menutup micr. Excel
1. Membuka micr. Excel
Pada saat anda mulai menjalankan micr. Excel, anda akan bekerja pada sebuah file yang
bernama workbook (buku kerja) yang masih kosong dan akan dibuka dengan nama BOOK1.
Langkah-langkah untuk membuaka micr. Excel adalah sbb:
Klik tombol
(pada windows
7) → all programs → Microsoft office →microsoft
office excel.

2. Menutup micr. Excel
Ketika mengakhiri tugas dalam program ini,
sebaiknya simpan terlebih dahulu pekerjaan dalam tempat penyimpanan baik dalam hardisk, disket,
ataupun flashdisk. Setelah itu,
barulah tutup
program micr. Excel dengan cara seperti berikut.
·
Metode I : klik tombol close yang
terdapat di sudut kanan atas program.
·
Metode II : klik file →pilih exit,
kemudian klik.
·
Metode II : tekan tombol Alt + F4 pada
keyboard.
C. Bagian-bagian micr. Excel
1. Judul.
Bagian judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2. Office
button. Berisi barisan perintah untuk pengoperasian program
yang standa. Misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan
file aktif, mencetak file aktif, dan mempublish dokumen.
3. Toolbar.
Toolbar merupakan deretan gambar-gambar yang
mewakli perintah-perintah dan fungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan operasian program.
4. Help.
Bila terdapat masalah atau ada yang ingin ditanyakan, maka ketik pertanyaan pada tempat tersebut (biasanya menggunakan bahasa inggris) ms. Excel akan memberikan alternative
jawaban tehadap pertanyaan yang
dimaksud.
5. Lembar kerja (workbook). Berisini berisikan informasi halaman, section, letak
insertion, dan tombol pengendali.
6. Cell.
Merupakan pertemuan antar baris dan kolom
7. Range.
Range merupakan kumpulan dari beberapa cell, dll.
D. Fungsi
statistic sederhana dalam micr. Excel
1. Fungsi
sum. Fungsi ini digunakan untuk melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk penulisannya:
=SUM(range)
2. Fungsi
product. Fungsi product digunakan untuk melakukan perkalian sekumpulan data suatu
range. Bentuk penulisannya:
=PRODUCT(range)
3. Fungsi
Max. fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data yang terdapat dalam range yang ingin dicari. Bentuk penulisannya:
=MAX(Range).
4. Fungsi
Min. fungsi ini digunakan untuk mecari nilai terendah dari sekumpulan data atau
range. Bentuk penulisannya:
=MIN(Range)
5. Fungsi
Count. Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah dari suatu range yang
dipilih. Bentuk penulisannya:
=COUNT(Range)
6. Fungsi
Round. Fungsi ini digunakan untuk membulatkan bilangan ke digit tertentu.
Bentuk penulisannya:
=ROUND(number, num_digits)
7. Fungsi
SQRT. Fungsi ini digunakan untuk menghasikan suatu nilai akar kuadrat dari suatu bilangan. Bentuk penulisannya:
=SQRT(number)
8. Fungsi
Power. Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan suatu bilangan yang
dipangkatkan. Bentuk penulisannya:
=POWER(6,2). Dll.
B. Fungsilogika
Fungsi logika atau bersyarat memungkinkan kita menguji persyaratan dalam sel. Fungsi syarat ini adalah suatu kondisi yang hasilnya bergantung pada benar atau salahnya pengujian. Fungsi memerlukan operator perbaningan yaitu sama dengan (=), lebihdari
(>), kurang dari
(<) lebih dari sama dengan (>=), kurang dari sama dengan (<=), tidak sama dengan (<>).
1. IF(Logical_test,value_if_true,value_if_false).
Fungsi logika ini digunakan untuk memilih diantara dua nilai berdasarkan dua kondisi yaitu benar atau salah.
C. Fungsi
LOOKUP
1. VLOOKUP.
Fungsi ini digunakan untuk membaca table secara
vertical (tegak).
Bentuk penulisannya: =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup]).
2. HLOOKUP.
Fungsi ini digunakan untuk membaca table secara
horizontal (mendatar). Bentuk penulisannya:
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup]).
Sumber:
Maryono,Dwi.
2009. Theory and Application of ICT.
PT. TigaSerangkaiPustakaMandiri: SOLO.
ModulPraktikumPengantarIlmuKomputer
FMIPA MTK UNSRI.
#nakiitanaka.
“semogabermanfaat ^o^”
Comments
Post a Comment